3 MACAM JENIS KEZHALIMAN Yang Ketiga Dosanya Paling Berat

Foto: Pixabay / Gambar Ilustrasi


terpeka.blogspot.com,Kezhaliman Merupakan Prilaku Yang Terlaknat dan Tidak terpuji Karena berlaku sikap Tidak adil dan tidak pantas dilakukan kepada sesama manusia.

dan Kezhaliman Itu sendiri Terdapat tiga Macam yakni : Berprilaku Zhalim Kepada Allah Swt,Kepada Manusia maupun diri sendiri.


1.KEZHALIMAN KEPADA ALLAH SWT
 ini merupakan kezhaliman Terbesar kepada allah swt berkaitan dengan Hak dengan sang pencipta,Contohnya: Prilaku Syirik yaitu Menyekutukan Allah dan Menyembah selain dari pada Allah Swt dan Dosa Syirik tidak diampuni Oleh Allah Swt,Kecuali Mereka Bertaubat.

2.KEZHALIMAN PADA DIRI SENDIRI
Yakni Segala Prilaku perbuatan Maksiat yang dilakukan Manusia sebagai contoh: Bermaksiat,Berzina,Minum Khmr,(Minuman yang Memabukan),meninggalkan Sholat dan lain-lain.agar diampuni dosa-dosanya maka pelakunya harus bertaubat.adapun jika dia Tidak melakukan dosa (syirik) maka kita kembalikan Urusannya kepada Allah swt.

3.KEZHALIMAN SESAMA MANUSIA
Maka Hal ini berkaitan dengan Hak orang lain sesama manusia maupun Itu hartanya,darahnya ataupun kehormatan.ada dua syarat diampuninya dosa ini:
-Memohon ampun kepada Allah swt.
-Meminta Maaf Kepada Orang yang Telah di Zhalimi,apabila berkaitan dengan harta Wajib diganti.jika seseorang meninggal sebelum melunasi hak saudaranya,maka allah akan mengadilinya seadil-adilnya.

apabila ia memiliki pahala maka,pahalanya akan dibayarkan kepada orang yang dizhalimi.apabila telah habis pahalanya sedangkan ada orang yang meminta haknya (dizhalimi) maka dosa orang yang dizhalimi akan dilimpahkan kepadanya.

"Nabi Muhammad Saw bersabda tentang kezhaliman ini,'apakah kalian tahu siapa muflis (Orang yang Bangkrut) itu? 

para sahabat menjawab: "orang yang bangkrut itu adalah orang yang tidak mempinyai dirham maupun harta benda.

Tapi Nabi Muhammad Berkata:"Muflis (Orang bangkrut) adalah dari umatku,ialah orang yang datang membawa (pahala) Shalat,Zakat,puasa namun saat di dunia ia telah salah mencaci dan salah menuduh orang lain,makan harta dan menumpahkan darah dan memukul orang lain tanpa (hak).

maka Orang-orang itu akan di beri pahala dan kebaikan-kebaikannya,maka dosa-dosa mereka akan ditimpahkan kepadanya,kemudian mereka dilimparkan ke dalam neraka.(HR.Muslim)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url